28 Oktober 2007

Fenomena Pesta Blogger 2007


Kalau tidak dari rasa penasaran saya tentang perkembangan para blogger di Indonesia mungkin saya tidak akan datang di Pesta Blogger 2007 ini, selain saya tidak mendapatkan 'tiket gratis' :) untuk masuk karena telat register yang akhirnya harus rela merogoh kocek Rp.100.000,- untuk menyaksikan ajang ini, siapa tahu saya mendapat sesuatu yang baru dari 'pesta' ini seperti 'Bagaimana cara Melek Internet untuk nge-Blog' yang mungkin saya dapat membantu melalui trik-trik yang akan saya berikan melalui blog saya.

Tapi seperti yang saya duga sebelumnya acara ini gak beda dengan acara-acara 'kopi darat' dari millis-millis yang pernah saya ikuti sebelumnya, selain silaturahmi para blogger terlihat sibuk untuk saling tuker kartu nama dan foto bareng dimana-mana.

Poin yang menarik dari ajang ini adalah dicanangkannya tangal 27 Oktober secara sepontan sebagai 'Hari Blogger Nasional' oleh Menkominfo Mohammad Nuh yang hadir di acara tersebut, tapi yang sedikit aneh kok ya... pak menteri menantang para blogger untuk berlomba bikin lagu, jangan-jangan nanti lagunya akan menjadi lagu wajib di 'Indonesia Idol' berikutnya lagi... :)

Belum lagi Dirjen Aplikasi Telematika, Cahyana Ahmadjayadi yang akan membuat program 'Laptop for Teacher'' untuk "Bagaimana kalau kita canangkan juga, tahun depan itu kita mencapai angka sejuta blogger", katanya. yang pada saat ini tercatat ada sekitar 130 ribu blogger.

Kalau saja tantangan Pak Menteri ini dengan memberi akses internet murah misalnya, wah... ini pasti lebih menghebohkan :) gak perlu kecepatan tinggi, sama saja dengan dial-up (64kbps) atau dibawahnya juga gak masalah asal unlimited dengan biaya 50 ribu/bulan misalnya dan kalau para guru dikasih laptop terus akses internetnya gimana yah? :) walah yang ada jangan-jangan malah dipake maen game aja lagi laptop-nya dirumah... hehehe.

Akses Internet murah mungkin bisa dengan DPLC (Distribution Power Line Communication) akses internet melalui jaringan listrik punya anak perusahaan PLN, ICON+ (memang program ini hampir tak terdengar yah...) Jadi bukan cuma guru aja kan yang bisa nge-Blog? sodara2 kita yang ada di gunung-gunung pun bisa ikutan... siapa tau... seandainya... halah...

Dan dari Pesta Blogger 2007 ini pula kayaknya panitia gak rela kalau nantinya jadi hanya 'Pahlawan Tanpa Tanda...', terlihat dari blog-blog favorit di ajang ini hampir didominasi oleh blog-blog milik panitia saja, sampai blog pendatang barupun kayaknya juga yah...

Dan yang gak jelas, cara penilaiannya itu gimana yah? bisa milih sampe 5 nominator terpilih itu? masalahnya yang menang aja bingung... hehehe seperrti Jennie S.Bev yang terpilih sebagai 'Celebrity Blog'. "Celebrity Blogger? Saya agak bingung juga dengan kategori ini sebenarnya, kok bukannya kategori “learning” atau “motivasi”? Tapi ndak apa-apalah, yang penting partisipasi.)" begitu Kata Jennie di blog-nya.

"Acara utama kita tetap kumpul2x blogger dalam Pesta Blogger 2007, acara pemilihan blog favorit ini hanya sebagai tambahan atau side-dish aja..." kata Enda (Ketua Panitia) di salah satu komentar di blog "Pesta Blogger 2007" yang juga menerima 'laptop' untuk terpilih sebagai blog ter-favorit di ajang ini, tapi secara spontan Enda menyerahkan laptop ini ke pemenang ke-2.

Tapi secara keseluruhan saya akui acara ini cukup bagus untuk cikal bakal perkembangan para Blogger di Indonesia untuk lebih meningkatkan kualitas nge-Blognya.

Maju Terus Blogger Indonesia!!!


2 komentar:

  1. Setuju internet murah.
    Kl sy utk saat ini, selama ada pulsa n sinyal gprs, bisa konek dmana aja hehe..
    Oiyya, pemenang pendatang bru, kmaren jg pnasaran siapa orgnya. Kayaknya sih, memang dket2 sama panitia yg populer. Makanya ikut kebawa. Ah,perkiraan sy aja. Cmiiw.

    BalasHapus
  2. acaranya dah lewat,,
    mesti acaranya tambah lebih meriah,,

    BalasHapus