12 November 2007

Apa sih Hosting? dan buat apa?


Pasti sering mendapat email dengan tawaran-tawaran yang menarik dan murah untuk Hosting Web, tapi hampir semua dari penawaran itu gak ada yang kasih tau apa sih hosting itu kan? mangkanya emailnya biasanya langsung masuk ke 'trash' :)

Sama waktu ada yang ingin membuat website ke saya, ditanya "Mau di Hosting dimana Pak Website-nya, dan Apa Domain-nya sudah ada?" dijawab "Ya Pokoknya atur aja lah gimana bagusnya, pokoknya saya punya website gitu lah..", "OK berarti nanti saya email proposalnya kalau gitu" dijawab "Nanti email ke sekertaris saya aja ya.."

Halah si Bapak gak punya email juga gak taunya...
Biasanya saya kasih pengertian begini supaya si Bapak gak tambah pusing.

Email sesuai dari namanya adalah surat elektronik, yang gak beda dengan surat biasa cuma beda media aja ditulis dan dikirim melalui internet, mungkin ibarat punya PO BOX di kantor pos kali yah... yang kalau kita mau ambil isinya bisa kapan aja, Click Login buka kunci INBOX kita kebuka.

Sedangkan untuk Nama Domain adalah alamat rumah kita di Internet yang gak mungkin sama antara domain yang satu dengan yang lainnya, begitu juga dengan alamat rumah kan? mana ada alamat rumah yang sama. Salah tulis alamat aja bisa nyasar surat kita sama dengan salah tulis URL website kan? bisa masuk ke website orang.

Hosting sendiri adalah tempat untuk menyimpan data-data website kita di server (Komputer) supaya bisa di akses melalui internet, atau kalau saya simple-kan adalah gak beda menyimpan file di folder2 komputer kita. Datanya bisa berupa file2 HTML atau script program, image, dokumen pdf, sampai video juga bisa, yang biasanya penyimpanan ini keroyokan untuk satu server (komputer) untuk beberapa website sekaligus.

Terus apa gunanya orang kita cuma nge-blogging aja kok? buat apa sewa hosting?
Begini justru saya ingin memberi Trik bukan dengan sewa hosting yang bayar tapi dengan hosting yang 'free hosting', Pernah update image profile di blogspot dan minta URL image-nya? atau udah pernah liat video yang ada di postingan saya 'Membuat Flash Video Player sendiri'? ya itu video-nya saya simpan di tempat free hosting...

Yang kedepannya juga banyak trik-trik yang akan saya pakai untuk menggunakan file external dari tempat hosting seperti ini, untuk trik seperti: Bagaimana Membuat Gallery Image sendiri yang simple, atau membuat Shoutbox sendiri dll. Selain itu bisa dipakai untuk experimen sendiri memasang file flash hasil kreasi sendiri misalnya.

Kita gak perlu ambil 'free hosting' itu untuk buat website kita yang biasanya seperti 'sirkus' dengan banner dimana2 :) tapi untuk mendukung blog kita yang sudah ada aja.

Disini saya ada referensi untuk tempat hosting yang fasilitasnya komplit, dengan didukung:
PHP/MySql, FTP (File Transfer Protocol, atau untuk upload/Download file), PHP GD (fasilitas untuk manipulasi image dengan script PHP) dengan kapasitas 1GB (walah hosting tempat saya yang bayar aja gak sampe segitu..), bisa di coba di alamat ini : http://www.tripod.lycos.co.uk

Silahkan Mencoba!

9 komentar:

  1. Trims Mas Ipul atas penjelasan dan rekomendasinya tentang free hosting. Nanti saya cobanya.
    Saya juga termasuk orang yang 'gaptek' juga nih...

    Salam,
    Wuryanano
    http://wuryanano.wordpress.com/

    BalasHapus
  2. Aduh mas aku ini gaptek banget deh, gak ngerti kalau cuma baca harus ada yang ngajarin disampingnya

    BalasHapus
  3. PIYE TO MAS TERUS TERANG SAYA BELUM NGERTI BAHASA2X GITUAN.BISANYA BARU e-MAIL an & chatting an.mas kalau mau bikin blog gimana ya??boleh mas saya diajarain.trims.smoga tambah sukses.

    salam sukses!!
    alfi

    BalasHapus
  4. owhh gitu yaa,, dapet ilmu baru saya,,



    www.arifwiyanto.co.cc

    BalasHapus
  5. wah terimakasih untuk penjelasannya bang ipul..
    jadi ada pencerahan...
    o iya mau tanya lagi.. kalau saya kan biasa edit konten blog tampilan dan lain lain dari blogger.com, nah kalo pake hosting itu untuk mengedit seperti itu masih bisa melalui blogger.com ga?

    ditunggu mas jawabannya di www.maruco27.com

    BalasHapus
  6. mksih ya penjelasannya walau masih bingung :-)

    BalasHapus
  7. bisa di bilang kalau mau buat web sendiri harus punya hosting yah jika tidak melalui blog...

    BalasHapus
  8. Hosting memang penting untuk menyimpan data-data web/blog yang kita miliki. :D

    BalasHapus