3 Desember 2007

TDA-IT Workshop: "How to design your webstore with Blogger"


Workshop "How to design your webstore with Blogger" Gelombang-1 yang diadakan oleh Komunitas Tangandiatas (TDA-IT) akhirnya terlaksana juga pada hari sabtu yang lalu tanggal 01-Desember-2007 di Ayola Cybernet Cafe Mangga Dua Square Lantai 2 Hall B, Jalan Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta Utara.

Workshop kali ini saya ditunjuk sebagai Pembawa Materi di Workshop tersebut, yang sudah lama juga saya tidak membawakan Materi di Workshop serupa seperti ini. Terakhir saya sebagai Pembawa Materi Workshop pada bulan Juni 2007 lalu untuk Materi "Pelatihan Flash Programming dan Animasi" di Pustekkom (Pusat Teknologi Informasi dan komunikasi Pendidikan) Departemen Pendidikan Nasional dengan peserta pelatihan dari para dosen senior STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) Bandung

Workshop TDA ini diikuti oleh 40 orang para member TDA, yang sebelumnya sempat diadakan pooling untuk memilih kira-kira materi apa yang diminati oleh para member TDA ini, dengan Materi pilihan Membuat Webstore dengan Joomla atau dengan Blog dan pooling ini sendiri diadakan di Blog-nya Pak Iim Rusyamsi (Koordinator TDA-IT).

Dari hasil pooling tersebut lebih banyak dari para member untuk diadakannya Workshop dengan Materi Membuat Webstore dengan Blog, sebenernya sempat kaget juga saya melihat hasil pooling ini dan yang lebih kaget lagi setelah dibukannya pendaftaran 2 minggu sebelum Workshop ini diadakan, baru 2 hari saja dibuka sudah melebihi target peminat untuk 30 peserta Workshop ini. Sampai hari pelaksanan memang akhirnya dibatasi untuk hanya 40 orang peserta saja yang bisa ikut workshop gelombang-1 ini yang selebihnya mungkin akan dipertimbangkan sebagai peserta untuk gelombang berikutnya. Dan dari informasi terakhir list peserta yang daftar sudah 60 orang. Wah... hebat antusias peserta untuk Materi Workshop kali ini.

Terus terang sebelumnya saya agak sedikit kuatir dengan antusias peserta kali ini, bukan karena dari banyaknya peminat untuk mengikuti Workshop ini (kalau untuk ini patut di syukuri), tapi karena saya agak kuatir akan mengecewakan peserta nantinya. Selain saya belum siap dengan Materi yang akan disajikan di Workshop tersebut, kebetulan saya juga sedang ada kesibukan di minggu yang sama untuk deadline mengeluarkan Design Layout untuk beberapa Website client untuk di Approval. walah...

Tapi Allhamdulillah... akhirnya semua selesai juga, walaupun untuk materi Workshop baru bisa saya selesaikan tepat 1 hari sebelum pelaksanaan Workshop tersebut.

Di hari pelaksanaan karena ada tools yang tidak dapat di install ditempat Workshop tersebut seperti Dreamwever dan Firework, yang merupakan kunci untuk praktek bagi para peserta jadi ada beberapa materi yang harus dilewatkan. Tapi syukur Dreamwever dapat di install pada sesi setelah break makan siang jadi peserta bisa aktif untuk mempraktekkan teknik-teknik HTML, CSS, dan Menyisip Program Javascript yang saya berikan, walaupun ada materi yang terlewatkan disini yaitu Membuat Website Sederhana dengan Dreamwever karena keterbatasan waktu. Selain itu memang ada beberapa Materi yang tidak dapat disajikan di Workshop ini. Selain sofware, ini dikarenakan keterbatasan waktu di Workshop tersebut yang begitu singkat.

Untuk Kondisi ini saya secara pribadi mohon maaf bila mengecewakan peserta Workshop, tapi seperti yang saya katakan di akhir sesi yang saya bawakan "Kalau Workshop ini bukanlah menjadi sebuah akhir pertemuan, tapi menjadi sebuah awal yang selanjutnya bisa dilanjutkan melalui millis atau yang lainnya".

Selamat untuk para peserta Workshop "How to design your webstore with Blogger" Gelombang 1 ini semoga bermanfaat apa yang sudah didapat dari Workshop ini.

"Selayaknya Standard Internasional sebagai acuan dalam berkarya dan berkreasi untuk menghasilkan sebuah karya yang barkualitas, agar dapat dinikmati oleh dunia Internasional yang tidak hanya berskala Nasional"

Selamat Berkarya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar