21 Januari 2008

Blogger VS Wordpress


Sebenarnya bagus mana sih nge-blog dengan menggunakan Blogspot atau wordpress?

Pertayaan ini hampir terus keluar entah dari yang baru mau nge-blog, sudah punya blog, bahkan seorang 'Blogger' sekalipun.. hehehe emang-nya ada yah Blogger? kedengerannya serem aja seperti mahluk apa gitu yang turun dari UFO? :)

Apalagi setelah kasus di 'hapus'-nya Blog sang Blogger Kondang A.Fatih Syuhud dari Blogspot tempo hari, berduyun2 para Blogger pindah dari yang sekedar untuk backup data blog-nya sampai permanen pindah ke Wordpress.

Tapi setelah pindah banyak juga yang bingung sampai2 kalau ada yang tanya: Alamat blog-nya dimana mas? "Kalau mau lihat blog saya yang di Blogspot silahkan masuk di http://blablaableeh.blospot.com sedangkan kalau yang di Wordpress silahkan akses di alamat berikut http://wowowyeaah.wordpress.com" begitu dibuka kok isinya sama ya mas? " ya iya... kan cuma di export isinya dari blogspot dengan fitur yang ada di Wordpress".... hehehe sambil nyengir kuda si mas-nya.
Nah loh kalo udah begini gimana dong? mau nge-blog apa mau koleksi blog nih mas? :)

Memang untuk kategori ‘Free’ keduanya Blogspot maupun wordpress mempunyai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing penyedia jasa blog kondang ini.

Banyak orang bilang kalau nge-blog di Wordpress lebih cepat aksesnya, template-nya lebih enak dipandang dan pilihanpun berfariasi. Memang ini salah satu alesan kenapa banyak orang pilih nge-blog di Wordpress ke timbang di Blogspot (biar kelitan keren dan elegant lah.. hehehe). Tapi begitu mau pasang 'Shoutbox' kok gak bisa yah? ya iya lah di Wordpress kan banyak tag HTML yang Not Allowed termasuk tag -iframe - yang biasa di pakai para pembuat 'free shoutbox' (termasuk saya juga pakai tag -iframe- untuk membuat TDA Blogroll untuk komunitas Tangandiatas), begitu juga kalau mau menggunakan 'Javascript' gak dibolehkan di Wordpress, mau pasang Flash atau Video apalagi harus dari URL referensi dari Wordpress, walaupun salah satunya Youtube boleh sih.. yang gak bisa seperti kita pakai URL dari domain yang kita punya atau dari free hosting yang kita punya.

Kok gitu yah? ya iya namanya juga orang jualan dan Wordpres kan pakai system SSL (Sok Secure gitu Looh) hehehe... atau alesan simple-nya ya biar aman.

Tapi kalau di Blogspot mau pasang Shoutbox tinggal copy script dari penyedia jasa shoutbox tinggal paste di element baru HTML/Javascript-nya, begitu juga kalau kita ingin menggunakan Javascript kita tinggal ambil dari sembarang 'free javascript' aja, dan untuk tag HTML-nya hampir semua diloloskan, belom lagi kalau mau pasang animasi flash hasil kresi kita sendiri atau video yang kita link ke domain sendiri OK aja dan gak harus dari referensi seperti di Wordpress.

Ya itu semua beberapa kelebihan dan kekurangan kalau nge-blog dengan Blogspot atau wordpress, yang pasti kelebihannya adalah sama-sama kasih free untuk menggunakan fasilitas ini :). Tapi untuk Wordpress yang dimaksud adalah Wordpress dengan hosting yang gratisan yah.. dengan domain .wordpress.com bukan Wordpress yang Open Source.

Jadi menurut saya dan sekedar saran saja...
Bagi yang ingin nge-blog dan untuk pengguna pemula sampai menengah yang ingin FUN untuk nge-blogging sebaiknya anda pilih Blogspot untuk itu, karena tidak akan terlalu banyak batasan-batasan untuk berkreasi dan mempercantik blog anda, tapi bila anda ingin ke arah profesional blog dan sudah memikirkan keamanan data yang ada di blog anda sebaiknya migrasi ke Wordpress tetapi bukan yang Free melainkan dengan Wordpress yang Open Source yang di install di hosting milik kita sendiri, dijamin akan Power Full blog anda dan bebas untuk berkreasi.

Untuk Aplikasi Wordpress Open Source bisa di download disini

Selamat Berkreasi!

24 komentar:

  1. tulisan yang bagus .. ^^
    memang, dua penyedia layanan blogging itu bagus semua, jadi tergantung keperluan kita sebagai pemakai ingin menggunakan jasa yang mana.

    lebih bagus lagi pakai self hosting wordpress .. hehe .. ^^

    salam kenal.
    mampir ya ke tempat saya. ^^

    BalasHapus
  2. saya masih lebih milih blogspot...

    meski emang yang bung ipul banyak benernya.. blogspot kadang lebih lemot.. mungkin karena banyaknya load di blogspot. tapi mungkin lebih "user friendly" (ini sih bagi saya...)

    jadi sekali lagi tergantung kebutuhan bung... ini bukanlah sebuah pertentangan tapi lebih ke sharing point of view.

    btw, terima kasih bung ipul... saya numpang donlot wordpressnya..

    Bravo Blogger Indonesia!!

    BalasHapus
  3. Yup, WP.com ada keterbatasannya.. tapi sense of community-nya ngasih nilai lebih tersendiri.
    Kalo WP.org sih iya secara teknis lebih canggih, tapi sepi! Hahaha abis pasang di host sendiri, harus nunggu jadi blogebrity dulu kali baru rame.

    Keep blogging ya!
    Journal by The Lightbeamers, MD.

    BalasHapus
  4. Hallo Mas Ipul...
    Dah lama gak ikutan comment niih... ;-)

    Teteup deh Mas, Wordpress is the best for me...heheheh...

    Gimana? dah sukses pake WP-SEOnya???

    BalasHapus
  5. itu yang namanya kreatif mas dari pada content yang udah pernah kita tulis di blogger hilang sia-sia tanpa alasan yang jelas di hapus oleh blogger..jadi pindah ke wordpress

    BalasHapus
  6. @Free Scholarship Information

    Memang bukan pertentangan tapi sebuah pilihan..

    @Writer #1

    Kalo mau pindah ke .org mungkin kali yah.. harus jadi celeb blog dulu.. hehehe

    @sotya

    Your blog is the best! :)
    SEO? coba test 'web store'.. hehehe
    thx inspirasinya ya..

    BalasHapus
  7. I like blogger than wordpress. Because blogger user friendly and very simple...

    BalasHapus
  8. Kenapa ya, kebanyakan seleb blog pake aplikasi wordpress? Saya sendiri pake wordpress cuman buat back-up posting n comment, buat jaga2, siapa tahu ntar kena banned dari google.

    BalasHapus
  9. betul kata gus ipul,kalau mau yang lebih powerfull pake wordpress di hosting sendiri,tapi kalau mau gratis ya di blogspot aja deh,tapi yang sulit itu bukan cara buat blognya tapi ngisi blognya itu lho yang lebih sulit

    BalasHapus
  10. mas,salam kenal dariq..

    memang siy tampilan WP itu bagus banget kalo menurutq,tp kl pake WP untuk bisa disetujui oleh layanan Google Adsense agak sulit ya?apakah pake yg WP Open Source itu bisa ya?aq coba2 buat bisa disetujui Adsense kok lama :D
    keep blogging..

    thankq mas bwt artikelnya..

    BalasHapus
  11. wah kalo aku mending coba keduanya aja kok.
    kan uang itu ada 2 sisi kan ada depan ada belakang to? ya mending kita coba aja semua.

    BalasHapus
  12. wah bener mending coba semuanya, kan gratis

    BalasHapus
  13. Mendingan install sendiri di server sendiri juga walaupun gratisan.....
    asal sering di backup aja.....
    hehehehe

    BalasHapus
  14. wah ..nice posting nie..
    let's try..:D

    o iya jng lupa mampir kesini

    BalasHapus
  15. kalau blogspot open acces script, bagus buat ngeblog. I like it ^_^

    BalasHapus
  16. Thx ya mas atas artikelnya, saya baru belajar ngeblog juga, pake wordpress tapinya hehehe...ada banyak teman saya yang pengen tau juga, ijin copas ya dari blognya...

    BalasHapus
  17. Saya senang sekali membaca artikel ini, karena anda begitu kreatif dalam menjalin hubungan erat antar blogger...sip..mudah2an terus berkembang blog anda...

    salam kenal dari saya, mampir yuk ke blog aku...

    BalasHapus
  18. kalau Saya suka dua2nya Blogspot & Wordpress mas tapi untuk Wordpress saya lebih suka yg di hosting sendiri+domain berbayar. Salam kenal & sekalian ijin follow, nanti silahkan follow balik. :)

    BalasHapus
  19. kalau untuk search engine mana yg lebih cepat terindex ya?

    BalasHapus
  20. Artikel bagus,jdi kebuka nih buat mutusin mo pke yg mana,thanks ya...

    BalasHapus
  21. Menurut saya wordpress dan blogspot itu sama. WordPress sebenarnya bukan CMS, melainkan hanya blog publishing tool. :) Masih banyak kok CMS yang “benar-benar CMS”, alias bukan blog publishing tool :)

    Saya pernah menggunakan wordpress, kalau saya terus menggunakan wordpress saya tidak akan bisa berkembang karena wordpress fiturnya hanya itu itu saja.

    BalasHapus
  22. Memang jika menggunakan wordpress minimal tahu pemrograman web walaupun sedikit. ^_^ Juga lebih fleksibel dalam penggunaan.

    BalasHapus