17 April 2011

Wordpress Themes Pesta Blogger 2010

Pesta Blogger 2010 itu sudah berlalu beberapa bulan lalu, dan saya baru menulis postingan ini. Kenapa ? Betul, karena vacum-nya kegiatan ngeblog saya selama beberapa tahun ini, bahkan postingan saya terakhirpun hanya sekedar cerita2 seputar kegiatan saja, bukan sesuai tema blog ini yaitu mencoba memberikan sedikit 'pencerahan' dengan trik2 yang bermanfaat disini khususnya bagi pemula pengguna media internet.

Sebenernya bahan2 tulisan banyak yang ingin saya tulis dan share disini, tapi karena memang kesibukan pekerjaan saya yang kadang mengalahkan keinginan untuk menulis itu sendiri. dan alesan saya sekarang untuk mencoba menulis atau ngeblog lagipun bukan semata2 karena adanya dorongan gema "Ayo ngeblog, ayo ngeblog" seperti yang kadang gencar kadang tenggelam di social media twitter, facebook dsb belakangan ini :D

Ya keinginan itu bermula dari saya login di blog 'abadi' saya ini :)

Woow ternyata statistik blog saya stabil selama ini bahkan dalam hitungan hari, dengan referring sites tertinggi pengunjung yang masuk melalui google. Dan ini terbukti blog saya masih tetap berada di google page rank 4/10 tanpa update sekalipun.

Syukur semoga bermanfaat sharing saya disini, Sungguh terharu... :)

Kembali ke Pesta Blogger 2010, yang pada saat itu mengusung tema "Merayakan Keragaman" atau istilah kerenya adalah "Celebrating diversity" dengan Irayani Queencyputri (@rara79) sebagai Chairperson pada saat itu.



Mungkin tidak ada perlunya saya cerita panjang lebar tentang event tersebut, selain sudah terlalu lama pastinya akan terasa 'basi' untuk ditulis :) . Tapi bagi yang belum sempat tau silahkan mampir di blog event tersebut di: pestablogger.com

Saya disini hanya ingin mengutarakan tentang keterlibatan saya di event Pesta Blogger 2010 ini dari mendesign ulang sendiri themes Wordpress yang digunakan sampai modul2 custom Wordpress yang mungkin kedepan bisa saya sharing di Blog saya ini.

Untuk keterlibatan ini, kebetulan saya dipercaya untuk me-manage semua Blog / website sebagai penunjang event PB2010 tersebut dari pihak penyelanggara Maverick Indonesia sebagai EO dengan Srikandi2 hebatnya ini Hanny Kusumawati (@beradadisini), Nia Sadjarwo (@nsadjarwo), dan Nena Brodjonegoro (@snezanasb) :)

Dari awal saya mendesign blog tersebut dengan menyesuaikan dari pemenang logo Pesta Blogger 2010 yang dilombakan sebelumnya, dengan menggunakan dominan warna biru langit yang cerah. Di themes ini hampir sama dengan themes Wordpress Pesta Blogger di tahun2 sebelumnya yang saya buat, semua untuk modul2 tidak menggunakan plug-ins, tapi hardcode langsung dengan penyesuaian tentunya.

Pembuatan modul / page di themes ini antara lain:
Agregator Blog, Photo Gallery, Youtube Video Gallery, Sphonsorship, sampai Online registrasi peserta (yang pada saat itu mencapai 1310 pendaftar yang hanya dibuka beberapa hari saja), dan beberapa lagi seperti pembuatan widget, tools untuk panitia dll.

Sedangkan untuk 3 blog lain dari event tersebut hanya online registrasi saja dan tools2 di backend untuk panitia PB2010 serta redesign dari themes event ini sebelumnya, Berikut ke 3 blog tersebut:




Hanya satu event yang menggunakan Mediasolusindo CMS (content management system) yang melanjutkan dengan menambah beberapa modul dari modul2 yang telah digunakan 2 tahun sebelumnya, yaitu website:


Dari semua draft design themes blog Pesta blogger 2010 yang saya buat ini, saya dibantu oleh Anto Bilang (@antobilang) untuk finishing semua design banner2 header sampai pembuatan banner widget yang dipakai semua event2 tersebut.

Demikian, Semoga bermanfaat :)

Salam Blogger Indonesia

**Blog bukan sekedar buku harian online yang hanya untuk menumpahkan curahan hati**

3 komentar: